Warna-Warni Nasi si Pemadam Lapar

Ibu bingung, mau bikin apa buat acara ngumpul keluarga di rumah besok pagi? Pengennya sih nasi... Biar bisa dimakan rame-rame. Terutama karena besok seluruh keluarga bakalan hadir. Jarang-jarang kan bisa ngumpul begini. Sudah kebayang betapa menyenangkannya besok. Rasanya tak percuma masak cape-cape... Tapi masih bingung nih mau bikin apa? Eh, kebetulan si peri rumah lagi dateng hari ini, tanya dia aja kali. Menurutnya ada beberapa yang bisa dipilih. Ini dia daftarnya:

Nasi kuning
Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasanya dihidangkan dengan ayam goreng, kering tempe dan telur dadar. Bisa juga ditambah perkedel kentang dan sambal goreng hati. Sayuran pelengkapnya adalah tomat, timun dan daun kemangi.




Nasi Uduk
Nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris,abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang.




Nasi Hijau
Warna hijaunya bisa dibuat dari jus bayam atau air aun suji atau cabai hijau. Bisa dikukus atau dijadikan nasi goreng. 
Kalau ditambah jus bayam atau air daun suji, enaknya dikukus. Beras dicampur jus bayam / air daun suji dengan santan lalu diaron dan dikukus seperti biasa. Dimakannya panas2 dengan dadar telur yang dirirs-iris, udang goreng mentega, dan tumis kacang panjang teri medan.
Kalau dicampur dengan ulekan atau irisan cabai hijau lebih enak digoreng bersama ikan teri atau baso sapi dan sosis.

Nasi Bakar
Nasi bakar disebut juga nasi buri dalam bahasa Sunda. Nasi bakar merupakan produk proses lanjutan dari nasi yang diolah dengan cara dibumbui atau dirempah-rempah, kemudian  dibungkus daun pisang dan dibakar diatas api. Pembakaran tidak sampai tersentuh api. Isinya bisa usus ayam, ati ampela atau suwiran daging ayam. Ditambah kemangi juga enak.






Nasi Lemak
Nasi lemak adalah hidangan nasi yang disertai lauk pauk seperti cacahan telor dadar dan osengan ikan teri. Ditambahkan pula di sini lalapan kemangi, ketimun, dan selada air bersambalkan terasi asam manis. Kekhasan utama nasi lemak terdapat pada nasinya. Nasi tersebut pada saat ditanak dicampur dengan sari kelapa dan sari pati domba muda sehingga kelegitannya akan sangat terasa di lidah.



Nasi Tim
Siapa tahu ada yang pengen nasi lembek, nasi di tim dicampur ayam dan jamur berbumbu ini pasti bakal disuka. Dimakan bersama irisan ketimun dan kuahnya.







Nasi Liwet
Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).







Nasi Goreng
Biasanya nasi goreng rasanya asin atau pedas. Biar beda, peri rumah ngasih pilihan buat bikin nasi goreng yang rasanya asam segar. Bisa karena ditambahkan irisan nenas, irisan mangga muda atau irisan/ jus strawberi. Biar lebih mantap dikasih plus orak-arik telur, baso dan suwiran ayam.





Aduuuh...kok ibu malah jadi tambah bingung ya!!!

Komentar

Postingan Populer