Selasa, 07 Desember 2010

Camilan dari Singkong

Nonton tivi iseng banget kalo ga sambil ngemil. Makan biskuit, wafer, kue kering..ugh! bosen...!
Wah, lagi banyak singkong nih di rumah. Enaknya dibikin apa ya?

Apa dibuat Singkong Goreng?
Caranya juga gampang. Singkong yang sudah dikupas dan dicuci, dikukus sampai matang. Lalu dicemplungkan ke adonan bumbu (garam, bawang putih dan ketumbar yang dihaluskan dan ditambahkan air) sampai bumbunya meresap. Trus digoreng deh hingga crispy luarnya. Kalo mau rasa yang berbeda bisa digulingkan di bubuk keju pas diangkat, atau di bubuk cabe biar pedas. Ditaburi keju parut juga enak. Ditaburi kelapa parut atau serundeng, atau abon, atau parutan gula kelapa juga asyik. Diolesi selai juga yummy...waduh jadi laper!


Apa dibuat Keripik ya?
Singkong yang sudah bersih diiris tipis trus direndam air kapur sirih dan garam, trus goreng (kalau aku suka langsung digoreng lho, tanpa direndam, trus ditaburi garam pas diangkat.)
Kalo mau pedas, setelah matang dicampur dengan bumbu balado. Itu lho, campuran cabe, bawang merah, dan garam yang dihaluskan trus ditumis bareng daun salam dan air asam.
Kalo mau rasa lain, tinggal beli saja bumbu bubuk yang udah jadi... :-)


Apa dibikin Combro atau Misro?
Makanan ini, makanan favoritku waktu kukecil dulu. Singkongnya diparut sampai halus, campur dengan kelapa parut dan garam. Buat bulatan-bulatan. Buat Misro, Isi dengan adonan isi (Bawang, ketumbar, garam, cabe rawit, dan oncom yang diulek halus, trus dicapur dengan rajangan daun bawang). Sementara misro isinya parutan gula kelapa. Tapi enak juga kan kalau isinya rasa buah-buahan,.hmmm...




Apa dibikin Asmun?
Pasti pada ga tahu kan? Singkongnya dikukus dulu. Trus dihaluskan. Campur dengan bumbu. Bumbunya sama aja sih, bawang putih, ketumbar dan garam yang diulek. Dicetak berbentuk limas, trus digoreng.. Gampang ya!

Atau Getuk?
Singkong kukus yang sudah ditumbuk dicampur kelapa parut, gula pasi, garam, essence dan boleh juga pakai pewarna makanan. Trus digiling dan dicetak.

Getuk lindri hanya beda proses akhirnya saja. Dibentuk dengan menggunakan gilingan mie atau penggiling daging. Terakhirnya ditaburi kelapa parut. Ditaburi keju lebih mantap lagi...Nyammm...





Dibikin Tiwul?
Pembuatannya agak lama sih. Singkongnya harus dibuat gaplek dulu (dijemur sampe kering), lalu dibikin tepung. Tepung singkong ini yang dikukus dan dijadikan tiwul. Makannya dicampur gula pasir dan kelapa parut. Asyiiik...



Apa dibikin Kolak?








Dibikin bolu?


Dibikin ciwel?
 Dibikin colenak?

 Lumpia?
 Lemper? Risoles? Lontong?
Dibikin Tape? 








Ow ow! Jadi bingung???? Semuanya enak dan gampang! 

0 komentar:

Poskan Komentar